Tuesday, March 23, 2010

Bilangan Waktu

Perhatikan (manfaat) lima perkara sebelum datangnya lima perkara, yaitu:
1. Hidupmu sebelum matimu
2. Kesehatanmu sebelum sakitmu
3. Kesempatanmu sebelum sempit/repotmu
4. Mudamu sebelum tuamu
5. Kayamu sebelum miskinmu

(H.R. HAKIM)

Ternyata waktu yang tersedia tidak sebanding dengan apa yang harus kita kerjakan. Banyak hal dalam waktu tersebut yang harusnya kita dapat mengoptimalkan keberadaannya dengan melakukan sesuatu yang lebih bermakna, tetapi yang ada justru kita terlalu banyak memainkan peran yang tidak penting dan tidak bermakna bagi kebaikan.

Semua ini baru aku rasakan setelah tidur menghabiskan banyak jam dalam sehari, rasanya memang enak karena kita dapat melupakan masalah/peer yang susah (mungkin), namun ketika bangun, tetap saja masalah itu tetap ada di hadapan karena aku tidak bisa menyelesaikannya dalam tidur. Seolah-olah mereka memarahiku karena aku menghindarinya.

Mungkin ketika kita mempunyai rencana-rencana yang letaknya masih jauh hari dari hari ini kemudian kita hanya mengatakan, “Aah, masih lama. Dua minggu lagi.” Keputusannya pun, kita terbuai dengan kesantai-santaian. Padahal siapa yang mengetahui misteri waktu, melainkan Allah swt. Kita adalah manusia yang setiap detik itu diusahakan untuk tetap menjunjung tinggi sebuah kemaknaan.

Hiduplah agar kita bermakna di hadapanNya. Maknailah hidup dengan membuatNya tersenyum selalu dengan perbuatan yang kita lakukan. Kita memang bukan seseorang yang sempurna, melainkan seseorang yang mempunyai banyak salah, namun di sinilah ujian kita, bagaimana kita tetap berusaha keras, memperbaiki diri, memperbanyak kebaikan, memperbanyak karya, dan masih banyak lainnya.

No comments:

Post a Comment